Adit
Blog Universitas Komputer Indonesia

✅ Cara Mengetahui Password Wifi Tetangga, Mudah dan Work 100%

Cara mengetahui Password Wifi tetangga - Banyak orang yang mencari informasi tentang cara mengetahui password wifi tetangga. Hal ini disebabkan karena di Indonesia masih susah untuk mencari tempat yang memiliki akses wifi yang mudah. Maka dari itulah, banyak yang kepo tentang cara mengetahui kata sandi wifi milik tetangga.

Namun, perlu kamu ingat bahwa cara ini sebenarnya ilegal, dan bisa dibilang seperti mencuri sesuatu yang bukan milikmu, tapi jika memang kamu menggunakannya untuk kegiatan bermanfaat itu mungkin bisa mengurangi kesalahanmu. Jadi, selalu gunakan wifi milik tetanggamu yang kamu ambil untuk kegiatan yang bermanfaat.

cara mengetahui password wifi tetangga yang dikunci

Karena internet sudah semakin meluas, jadi wifi juga semakin digandrungi oleh banyak orang tanpa memandang usia. Akan tetapi, tidak semua orang mampu berlangganan wifi. Alasannya beragam, ada dari mereka yang merasa biayanya terlalu mahal sehingga mereka sayang jika harus mengeluarkan uang sebanyak itu, ada juga yang memang tidak mampu membayar biaya bulanannya yang terbilang tidak sedikit, dan ada juga yang merasa malas ribet sehingga memilih jalan ini.

 

Baca Juga : Cara Memblokir Pengguna WiFi Indihome yang Tidak Diketahui 

Ini cara mengetahui password wifi tetangga

Untuk mengetahui kata sandi atau password wifi milik tetangga sendiri cukup mudah untuk dilakukan. Apalagi jika kamu sudah memahami ilmu teknologi yang semakin canggih di jaman ini. Simaklah cara-cara di bawah ini dan pelajari dengan teliti:

Cara Mengetahui Password WiFi Tetangga dengan Laptop

Untuk tutorial kali ini, alat yang dibutuhkan agar kita mengetahui sandi WiFi tetangga adalah dengan menggunakan Laptop. Banyak yang bertanya dan caritaw gimana kalau menggunakan HP Android? itu akan jauh lebih sulit karena kemampuan softwarenya terbatas, akan lebih enak jika kita menggunakan laptop, jika sudah ketemu passwordnya tinggal diaplikasikan di HP android.  Nah lalu gimnana sih cara melihat password wifi yang dikuci milik tetangga? berikut tutorial lengkapnya

1. Menggunakan router modem

Router modem sendiri adalah sebuah alat yang dapat mengirimkan paket data via jaringan atau internet menuju tujuannya, prosesnya biasanya dikenal dengan nama routing. Langkah untuk mengetahui kata sandi wifi tetangga dengan cara ini adalah:

  • Masuk ke wifi pilihanmu atau tujuanmu
  • Ketik IP Address 192.168.1 atau 192.168.1.2 di browsermu dan tekan enter
  • Masuk atau login menggunakan username dan kata sandi pengguna atau admin. Ingat, nama dan kata sandi harus sama
  • Setelah berhasil masuk, buka menu Network dan WLAN Security, lalu simpan kata sandi yang tertera di kolom

Dengan mengikuti langkah di atas, kamu bisa langsung mengetahui password wifi milik tetanggamu deh.

2. Cara mengetahui password WiFi Menggunakan CMD yang ada pada Windows

CMD adalah singkatan dari command prompt yang merupakan fitur bawaan Windows yang memiliki fungsi beragam, salah satunya adalah untuk mengetahui kata sandi wifi milik orang lain. Caranya sebagai berikut:

  • Masuk ke wifi tujuanmu
  • Lalu buka fitur CMD dengan menekan tombol windows dan R secara bersamaan. Jangan lupa ketik huruf CMD disana dan tekan enter
  • Setelah itu ketik tulisan Netsh Wlan Show Profiles dan tekan enter lagi. Di tahap ini kamu akan diperlihatkan daftar wifi aktif yang ada di sekitarmu
  • Cari kata sandinya dengan mengetik netsh wlan show profiles (nama wifi) key-clear
  • Langkah terakhir, kamu tinggal simpan kata sandi yang muncul di layarmu itu

3. Menggunakan aplikasi yang bernama Wireshark

Sebenarnya aplikasi Wireshark dibuat untuk memecahkan beragam masalah sebuah jaringan, tapi tidak sedikit orang yang menggunakannya untuk mencari tahu kata sandi wifi milik orang lain. Caranya adalah:

  • Unduh atau download aplikasi Wireshark terlebih dahulu
  • Kemudian buka menu capture, options, dan interface, lalu ubah wireless intergace menjadi 802.11 client device
  • Kamu juga perlu mengubah RF channel, caranya dengan membuka menu options > wireless setting > advance wireless setting
  • Lalu buka capture dan pilih tombol start.
  • Jika kata sandi sudah terlihat, kamu harus membuka capture dan mengklik tombol stop
  • Langkah terakhir aktifkan interface Ethernet card dan packets in promiscuous mode. Kamu tinggal klik start untuk memulai dan klik stop jika kata sandi sudah terlihat

Apakah cara ini bisa diketahui oleh pemilik wifi sebenarnya?

Mungkin kamu merasa takut akan ketahuan jika menggunakan cara ini. Jawabannya, ya itu bisa saja terjadi, tapi itu terjadi jika sang pemilik aslinya melihat berapa jumlah pemakainya dan perangkat apa yang digunakan dari menu firmware wifi.

Namun, tidak semua pemilik wifi bisa melakukan cara ini, karena itu adalah pekerjaan yang rumit yang tidak semua orang bisa lakukan. Jadi kalau kamu memang tidak mau ketahuan, lebih baik kamu sendirilah yang berhati-hati.

Yang perlu kamu ingat, karena cara ini termasuk cara yang sangat tidak disarankan, lebih baik kalau kamu memang merasa masih mampu untuk membeli kuota data, mending kamu membeli kuota data sendiri. Ya meskipun tidak ada salahnya untuk kepo cara mengetahui password wifi tetangga jika kamu menggunakannya untuk kegiatan yang positif.

 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 16 Maret 21 - 11:05 WIB
Dibaca sebanyak : 60 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback